Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

access_time | label Lainnya
Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Siapa yang tidak mengenal buah kurma ? Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan buah kurma yang memiliki rasa manis khas serta tekstur daging buahnya yang empuk ini. Namun belum banyak yang mengetahui secara utuh akan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh kita.

Buah kurma ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung hingga meningkatkan kesehatan otak lho. Dan berikut ini beberapa manfaat dari buah kurma.

1.     Menunjang Kesehatan Dan Kekuatan Tulang

Kurma mengandung sejumlah mineral sehingga membuatnya menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan rapuh dan keroposnya tulang, seperti osteoporosis.

2.     Dapat Membantu Mengobati Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral tinggi, yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Manfaat buah kurma dalam membantu mengobati anemia atau kurang darah diperantarai oleh kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tingginya kadar zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.

3.     Mempercepat Pemulihan Penyakit Demam Berdarah

Dengan memanfaatkan buah kurma ini dapat membantu dalam peningkatan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah.

4.     Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Manfaat buah kurma yang satu ini tidak terlepas dari kandungan beberapa vitamin B yang memang baik untuk kesehatan dan fungsi sistem saraf. Oleh karena itu, kurma adalah sumber makanan yang luar biasa bagi orang-orang saat mereka mulai menua dan sistem saraf mereka menjadi lamban atau tidak didukung, dan juga bagi orang-orang yang ingin menjaga pikiran mereka tetap tajam.

5.     Meningkatkan Daya Ingat dan Sistem Kerja Otak

Telah diketahui bahwa kandungan kalium pada buah kurma sangat banyak sekali, sehingga kalium ini mampu mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak hingga cairan dalam tubuh juga mengalami kelancaran dalam fungsinya. Lebih rutinlah dalam mengonsumsi buah kurma ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6.     Mencegah Terjadinya Insomnia

Ketika seseorang mengalami gangguan susah tidur atau biasa dikenal dengan istilah insomnia ini tentunya sistem metabolisme juga kerap terganggu. Kandungan gizi vitamin B3 yang terdapat dalam buah kurma dapat dijadikan solusi untuk penanganan gejala tersebut.

7.     Dapat Mengurangi Rabun Senja

Manfaat kurma sangat luas, termasuk digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan. Bila daun pohon kurma digiling kemudian dijadikan pasta, lalu digosok di sekitar mata, atau saat kurma dikonsumsi seperti biasa, maka telah terbukti dapat mengurangi frekuensi kebutaan malam hari (rabun senja).

8.     Sebagai  Sumber Antioksidan

Memilik kandungan, kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Antioksidan itu sendiri memliki manfaat dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel bahkan menyebabkan kanker.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kurma yang bisa kalian ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Share

Komentar

Komentar