Logo Eventkampus

KKN UGM Garap Penguatan Desa Tangguh Bencana di Lombok Utara

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
KKN UGM Garap Penguatan Desa Tangguh Bencana di Lombok Utara

KKN PPM UGM melakukan penguatan desa tangguh bencana di Lombok Utara. Selain desa tangguh bencana tim KKN PPM UGM juga akan menggarap potensi UMKM di sana. Tim KKN PPM UGM ini tergabung dalam KKN PPM UGM Unit Tanjung di bawah bimbingan DPL Dwi Umi Siswanti, M.Sc. dari Fakultas Biologi.

Secara resmi tim KKN PPM UGM Unit Tanjung ini telah diterima secara daring oleh Pemda Kabupaten Lombok Utara, Jumat (3/7). Upacara penerimaan KKN ini dihadiri oleh Samsul Bahri (Camat Tanjung), Budiawan (Kepala Desa Tanjung), dan Darrel Pradipta Yuan (Sekdes Desa Tegal Maja), Dosen Pembimbing Lapangan beserta 29 mahasiswa.

“Harapannya program nanti bisa berjalan dan dapat dukungan warga,”kata Dwi, Minggu (5/7).

Samsul Bahri selaku Camat Tanjung mengungkapkan bagaimana keadaan warganya setelah terkena bencana gempa dan saat ini harus menghadapi bencana kembali berupa Covid-19.

“Saat Covid, UMKM kita nyaris tidak bergerak sama sekali dan karantina rumah bagi yang reaktif itu juga berpengaruh signifikan pada ekonomi. Untuk tim KKN, mari kita sama-sama mendampingi masyarakat dengan kondisi sekarang. Desa akan memfasilitasi data yg dibutuhkan termasuk elemen-elemen apa perlu diangkat dan perlu didampingi,” kata Samsul.

Sementara itu, Sekdes Desa Tegal Maja, Darrel Pradipta Yuan, berharap agar komunikasi bisa sering dilakukan oleh para mahasiswa mengingat KKN dilakukan secara daring.

“Virtual seharusnya tidak mengurangi semangat untuk berkontribusi untuk masyarakat kami. Hanya satu harapan kami karena ini KKN secara online maka sering-sering berkomunikasi agar berjalan lancar,” ungkapnya.

Hanif Janitra selaku Kooordinator Mahasiswa Unit menjabarkan rangkaian program besar yang telah direncanakan tim KKN PPM Unit NB 046, yaitu peningkatan nilai jual produk UMKM, penguatan desa tangguh bencana dan peta risiko bencana. Tiga aspek tersebut nantinya akan dijalankan di Desa Medana, Tanjung dan Tegal Maja.

Penulis: Satria
Foto: Detik.com

 



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/19669-kkn-ugm-garap-penguatan-desa-tangguh-bencana-di-lombok-utara

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim NL_Mawib UGM Juara Kompetisi Finhac 2019
28 November 2019
Ganjar : Kagama Harus Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat
16 Desember 2019
Proses Pemasakan Matikan Parasit Cacing pada Ikan
02 Maret 2020
Berjemur Sinar Matahari Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh
02 April 2020
Berkumur Air Garam Tidak Bisa Cegah Covid-19
28 April 2020
11 Mahasiswa AAPG UGM-SC Terima Dana Pendidikan L. Austin Weeks
03 Juli 2020

Komentar