Appomatox ITS Rebut Gelar Favorit di Boreyes 2021

access_time | label Berita
Appomatox ITS Rebut Gelar Favorit di Boreyes 2021

Personel tim ini,  Ahmad Qaedi Luthfi menjelaskan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara desain oil rig yang mereka buat dengan desain oil rig konvensional. Dari segi struktur, Qaedi dan tim menerapkan penggunaan besi mangan dengan bentuk deck menyerupai sarang lebah. Hal ini ditujukan untuk menampung beban secara maksimal. Selain itu, lanjutnya, tim ini mengatur sistem pemberat sendiri. “Ini agar rig tetap seimbang ketika terkena gelombang laut,” tuturnya.

Tidak sekadar itu, alih-alih menggunakan satu derrick (menara bor, red), oil rig rancangan Qaedi dan tim memanfaatkan dua derrick secara bersamaan. Menurut Qaedi, inovasi ini mampu memenuhi pengeboran minyak tingkat tinggi serta berkapasitas lebih banyak. “Rig kami mampu mengakomodasi 150 hingga 2000 ton minyak bumi,” ujar mahasiswa angkatan 2020 ini.

Hal lain yang dimiliki oleh rig tim ini adalah sistem robot pendeteksi tumpahan minyak, Autonomus Robotic System for Oil Spill. Selain untuk mendeteksi tumpahan minyak, robot berbentuk perahu tanpa awak ini juga berperan dalam mendeteksi kandungan hidrokarbon serta data oseanografi. “Jadi, robot ini cukup bermanfaat sebagai pelengkap rancangan oil rig kami,” tutur Teknik Kelautan ini.

Usut punya usut, masih di bulan yang sama, tim Appomatox ITS juga mengantongi juara kedua dalam ajang ORDC lewat Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2021. Dengan beberapa torehan tersebut, tim yang beranggotakan Qaedi, Abdul Quddus Al Kahfi (Teknik Kimia), Firtya Kinanti Ramadhini (Teknik Fisika), Muhammad Ilhan Baihaqi Teknik Geofisika), serta Mega Ristri Maurina (Teknik Kelautan) tidak dapat dipandang sebelah mata.

Qaedi berharap agar inovasi mereka dapat memenangkan berbagai kompetisi lainnya. Tidak hanya itu, kami ingin prestasi kami mampu menginspirasi mahasiswa lain agar percaya diri mengikuti perlombaan-perlombaan. “Saya yakin segala hal dapat dipelajari asalkan memiliki kemauan diri kuat dan mampu kerja sama dalam tim,” pungkasmahasiswa asal Gresik ini. (*)

Reporter: ion7
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/03/31/appomatox-its-rebut-gelar-favorit-di-boreyes-2021/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Share

Komentar