Logo Eventkampus

4 Kota di dunia yang tidak mengalami malam

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
4 Kota di dunia yang tidak mengalami malam

          Akibat rotasi bumi yang berputar pada porosnya, terjadilah siang dan malam tersebut. Mungkin kamu pernah mendengar beberapa tempat yang mengalami waktu siang yang lebih lama dari waktu malam, ataupun sebaliknya. Tapi, apakah kamu pernah mendengar bahwa ada beberapa tempat yang tidak pernah kedatangan bulan, alias siang terus?

1. Hammerfest, Norwegia

         Salah satu kota bernama Hammerfest, di sebelah utara Norwegia selalu mengalami siang hari dalam 24 jam, lebih tepatnya pada awal Mei hingga akhir Juli, dan terjadi setiap tahun. Ketika jam malam seharusnya tiba, di kota ini malah tetap terang benderang.

         Akibatnya, udara di kota ini sangatlah panas. Orang-orang juga merasa kesulitan untuk beraktivitas. Kebanyakan dari mereka lebih memilih berada di dalam rumah, dengan menyalakan AC agar suhu ruangan menjadi dingin dan nyaman.

2. Yukon dan Nunavut, Kanada

         Yukon dan Nunavut adalah dua teritorial negara Kanada yang terletak di sebelah utara. Sebagian besar kota-kota disana akan mengalami fenomena matahari bersinar nonstop 24 jam yang terjadi pada bulan Juni hingga Agustus, setiap tahun.

          Alih-alih mengeluh, para warga disana malah memanfaatkan siang hari yang nonstop itu dengan melakukan beragam festival. Para warga juga kebanyakan senang melakukan aktivitas memancing sepanjang hari.

3. Barrow, Amerika Serikat

         Kota Barrow terletak di negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Kota yang berada di paling utara Alaska ini mengalami siang hari selama 90 hari penuh, atau selama musim panas berjalan. Matahari terus menyinari kota ini dan tak akan pernah tenggelam selama 90 hari tersebut.

         Agar bisa tidur nyenyak disaat matahari sedang menyinari, para penduduk asli kota ini melapisi rumah mereka dengan alumunium foil. Hal ini dilakukan agar tidak terdistraksi dengan cahaya yang masuk ke rumah mereka, sehingga mereka pun bisa tidur dengan nyenyak.

4. Ivalo, Finlandia

           Kota terakhir yang mengalami siang terus adalah Ivalo. Kota ini selalu menjadi perhatian para wisatawan. Tercatat, setiap tahunnya ada sekitar ratusan ribu wisatawan yang datang ke kota ini. Sebab, kota ini memiliki keunikkan, yaitu bisa menyuguhkan pemandangan dan suasana yang berbeda di dua musim disana.

           Ketika musim dingin tiba, seluruh tempat di Ivalo akan membeku. Pada malam harinya juga akan muncul aurora borealis yang sangat indah dan menakjubkan. Tapi ketika musim panas tiba, udara disana sangatlah panas. Ketika jam malam yang seharusnya sudah membuat seisi kota gelap, tapi matahari tetap saja bertengger di atas langit.

Nah, itulah 4 negara yang selalu mengalami siang terus. Sekian...

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Wajib Baca Artikel ini. Sabit di Kuku Jari Menandakan Kesehatan Anda
26 Januari 2018

Komentar