Logo Eventkampus

Misteri Kota Saranjana

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Misteri Kota Saranjana

            Kota Saranjana merupakan kota gaib yang tidak bisa dilihat oleh orang awam, kecuali dengan mata batin. Konon letaknya di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Orang yang ada di sekitaran Kotabaru tentunya sudah pernah mendengar kisah mistis dan gaib yang memang turun-temurun dari mulut ke mulut. Memang kalau ada yang bisa melihat Kota Saranjana ini akan sangat indah dan teduh. Kemudian juga rapi yang memiliki jalan raya yang juga lumayan besar. Di sana juga banyak gedung perumahan mewah dengan pagar rumah yang sangat tinggi dan berkilau. Kebanyakan dari penduduk yang ada di kota ini bermata pencaharian sebagai petani dengan sistem pertanian modern. Perekonomian yang ada di sana juga lumayan makmur, pada saat musim hajipun penduduk di sana sering kali berangkat Haji.

 

            Menurut cerita mengenai Kota Saranjana yang sudah turun temurun, di sana memang teduh dengan bunga dan pepohonan yang ada di pinggir-pinggir jalan. Selain itu juga sangat damai sekali. Penduduknya hidup penuh dengan kerukunan dan gotong royong. Kabarnya juga, di sana banyak seorang pemimpin (politisi) yang sama seperti di dunia manusia. Ada Walikota yang menguasai di sebuah wilayah gaib tersebut. Selain itu juga ada banyak misteri kota ini yang luar biasa.

 

 

1.  Misteri Ciri-Ciri Kota Saranjana

                Kota Saranjana adalah sebuah kota gaib, maka otomatis ia tidak akan terlihat dengan mata manusia. Memerlukan terawangan indera ke-6 untuk bisa mengaksesnya. Konon, kota ini berbentuk pulau yang ada di dekat pantai Kalimantan Selatan. Jangan berani-berani coba mencarinya, karena butuh kesaktian yang tinggi agar bisa selamat dalam pencarian kota gaib terangker di Indonesia ini.

2.  Misteri Video Kota Saranjana

                Sebuah video sempat beredar di Youtube, diunggah atas nama akun “little troops”, video itu sungguh aneh. Diambil dari dalam mobil yang melaju di jalan dekat pantai. Dari video itu tampak gemerlap makhluk berterbangan dari lautan. Orang yang merekam agak gemetar dan berkata bahwa mungkin saja itu adalah para peri dari kota gaib Saranjana. Sayangnya baru 2 jam diunggah, video itu sudah lenyap begitu saja. Seperti diblokir oleh para hantu Saranjana.

3.  Misteri Ada Band Ditonton Oleh Hantu Ketika Konser di Kalimantan Selatan di Kota Saranjana

                Konser band lokal bernama Rimba Borneo pada tahun 1999 memperlihatkan kejadian mistis. Di mana para personel band melihat sebagian penonton mereka bermata merah menyala. Ini sungguh mengerikan. Tapi karena mayoritas penduduk Kalimantan sudah tahu tentang hal-hal mistis kota gaib Saranjana, maka mereka diam aja.

4.  Misteri Kota Saranjana, Kota Ghaib Yang Tak Terlihat

                Banyak orang berusaha mencari di mana lokasi keberadaan Saranjana. Bahkan ekspedisi pencarian ini juga dilakukan oleh para pengusaha di bidang pertambangan migas. Mereka pikir kota gaib ini memiliki harta karun di sana. Bayangkan bila ternyata Saranjana adalah sebuah ladang minyak yang tak terhingga banyaknya, tidak habis-habis hingga ribuan tahun.

5.  Misteri Peta Kota Saranjana

                Pernah muncul peta buta yang menunjukkan lokasi Saranjana. Karena peta ini terlalu buta, akhirnya orang sepakat bahwa ini hanya hoax semata. Bikinan orang yang selama ini terlalu lelah dan frustrasi mencari keberadaan Saranjana yang megah.

6.  Misteri Komunitas jin Muslim Kota Saranjana

                Saranjana dianggap sebagai sebuah kota di mana para jin muslim dari seluruh penjuru nusantara berkumpul. Sistem kehidupan di sana sungguh berdasarkan Al Quran. Mereka beribadah kepada Allah. Dan seluruh penduduknya beriman kepada Allah. Meski mereka jin, terbuat dari api. Tapi mereka selalu berbuat baik.

7.  Misteri Gunung Saranjana Kota Saranjana

                 Di Saranjana ada sebuah gunung aneh. Di mana gunung ini jika dari kejauhan tampak besar. Namun, ketika didekati semakin jauh dan menghilang. Gunung yang aneh. Kabarnya, kerajaan jin Saranjana berdiri di gunung angker itu.

8.  Misteri Teluk Tamiang Kota Saranjana

                 Kota gaib Saranjana dipercaya berada di Teluk Tamiang. Beberapa saksi mata memang melaporkan bahwa mereka mengalami kejadian mistis tersedot ke alam Saranjana, ketika mereka berkeliling ke teluk ini sendirian.

9.  Misteri Goa-goa Kota Saranjana

                 Di Saranjana juga konon banyak guanya. Sangat gelap dan mengerikan guanya. Jangan sampai kita masuk ke sana, karena bisa menyebabkan kita gagal kembali ke dunia nyata.

10.  Misteri Kemegahan Kota Saranjana

                 Kemegahan Saranjana terkenal di kalangan bangsa jin seplanet bumi. Kota gaib ini seakan menjadi destinasi wisata dari jin-jin dunia. Terutama para jin muslim.

11.  Alat Berat Tak Ada Pemiliknya

                Ini mungkin kisah yang paling sering didengar dan beredar di kalangan masyarakat tentang Saranjana. Disebutkan pada 1980-an, ada pemerintah setempat dikagetkan oleh kedatangan sejumlah alat berat pesanan dari Jakarta. Semua alat berat dengan nilai sangat mahal itu dipesan seseorang dengan alamat Kota Saranjana dan telah dibayar lunas. Padahal, Kota Saranjana di alam nyata secara administratif tidak ada di Kabupaten Kotabaru. Cerita ini melegenda dari mulut ke mulut hingga sekarang.

12.  Buah raksasa 

                Ada keanehan dari kota ini, dari carita yang beredar buah-buah di sana besarnya berkali lipat dari di alam nyata. Jenis buahnya sama dengan di alam manusia, tapi ukurannya yang raksasa namun, jika buah itu dibawa ke alam nyata, ukurannya berubah menjadi ukuran normal.

13.  Penduduknya cantik dan gagah

               Kabarnya, penduduk Kota Saranjana secara fisik sama dengan manusia, namun mereka semua secara fisik lebih cantik untuk perempuan dan prianya gagah. Mereka juga semua ramah-ramah dan bahasa yang digunakan untuk percakapan adalah Bahasa Banjar. Katanya, jika manusia masuk ke Kota Saranjana tidak ingin pulang lagi ke alam nyata karena takjub dengan kotanya.

14.  Terdengar suara di malam hari

               Pada malam hari, di sekitar Gunung Saranjana, bila memang ditakdirkan bisa mendengar suara-suara dari Kota Saranjana. Bisa terdengar suara alunan musik, atau kendaran yang lalu lalang. Bahkan ada cerita mobil-mobil mewah pesanan warga Saranjana dari Surabaya, tapi tidak tahu asal pemilik atau pemesannya.

               Begitu pula kisah lain tentang kapal ferry yang mengangkut banyak penumpang dari Tanjung Serdang Kotabaru, namun begitu merapat ke Pelabuhan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, mendadak sepi. Katanya disebut-sebut sebagai orang-orang dari Kota Saranjana.

 

Walalhualam, kisah dari mulut ke mulut ini merupakan mitos yang berkembang di masayrakat, namun belum bisa dibuktikan.

Namun, mau tidak mau, percaya atau tidak di dunia ini selalu ada hal-hal yang ghaib.

Sekian...

Penulis

foto Agung Siswanto
Agung Siswanto
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

GALAU? BIASA(!)
19 Januari 2018
MACAM MANFAAT ALPUKAT UNTUK TUBUH
22 Januari 2018
Kisah Penghuni Surga Terakhir
22 Januari 2018
5 CARA MENCEGAH BULLYING
23 Januari 2018
Ingin Sukses UN ??? Simak Tips Artikel Berikut ini
24 Januari 2018
Edan! Peselancar AS Nekat Taklukkan Ombak Setinggi 30 Meter
25 Januari 2018

Komentar