Logo Eventkampus

Manfaat Minyak Zaitun

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Minyak Zaitun

Inilah Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Sejak dahulu minyak zaitun telah cukup terkenal memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan juga manfaat lainnya seperti kecantikan, Hipokares bapak ilmu pengobatan telah memanfaatkan minyak zaitun ini untuk membuat berbagai resep terapi yang digunakan untuk menyambuhkan pasien-pasiennya.

Minyak Zaitun atau ada juga yang menyebutnya dengan Minyak Olive atau Olive Oil dihasilkan dari buahnya. Kawasan Mediterania, Asia Tengah dan beberapa negara dibagian Afrika merupakan tempat dimana Pohon Zaitun ini kebanyakan tumbuh karena buahnya cocok dengan keadaan iklim hangat dan cahaya matahari yang cukup tinggi.

Khasiat Minyak Zaitun

Kemudian dari pohon zaitun ini menghasilkan buah dan diolah hingga menghasilkan minyak yang mengandung berbagai zat yang bermanfaat. Minyak Zaitun memiliki aroma wangi dan rasa yang sangat khas, sehingga aroma wanginya dapat digunakan untuk aromaterapi, melembabkan kulit, terapi untuk pijat dll. Rasanya yang khas juga sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk penyedap rasa dalam makanan.

Didalam minyak zaitun terkandung lemak tak jentuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan juga trigliserida tanpa menghilangkan kolesterol baik. Dari berbagai macam tahapan pengolahannya menghasilkan macam-macam jenis minyak zaitun berdasarkan tingkat kemurniannya.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Dari segi kesehatan minyak zaitun memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sangat banyak, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1.Kesehatan Jantung
Karena kandungan lemak tak jenuh yang ada didalam minyak zaitun, maka kolesterol jahat yang berada didalam tubuh dapat terkontrol selain itu kolesterol baik (High Density Lipoprotein) HDL dapat meningkat sehingga minyak zaitun dinilai sebagai salahsatu minyak yang paling sehat dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Jantung.

2. Kesehatan Kulit
Biasanya kerusakan sel kulit akan berlangsung dalam waktu tertentu, seiring bertambahnya usia seperti munculnya keriput. ternyata minyak zaitun juga memiliki anti-oksidan yang memiliki khasiat untuk mencegah rusaknya sel kulit sehingga kulit dapat tetap terlihat sehat dan terhindar dari penuaan dini.

3. Kesehatan Rambut
Selain untuk kesehatan jantung dan kulit khasiat minyak zaitun lainnya adalah untuk mengembalikan kelembapan pada rambut sehingga rambut dapat menjadi berkilau kembali, seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan berbagai macam produk rambut yang didalamnya mengandung sulfat dapat menghilangkan kelembapan rambut sehingga dengan menggunakan minyak zaitun ini tentu saja akan sangat bermanfaat.

4. Kesehatan dalam Pencernaan
Selain manfaat diatas, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan didalam tubuh sehingga pencernaan dalam tubuh tetap baik.

5. Kesehatan Bibir
Untuk menghindari terjadinya bibir pecah-pecah dan juga kering bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami yang dapat melembapkan bibir sehingga bibir akan nampak tetap sehat.

6. Menurunkan Tekana Darah
Didalam minyak zaitun terdapat kandungan polifenol dan juga oleic acid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak zaitun dapat mengurangi Hipertensi dan terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada pria ataupun wanita.

7. Kesehatan Tulang
Menurut penelitian di Madrid University, Spanyol yang dilakukan selama 2 tahun mendapatkan temuan bajwa orang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki osteocalcin yang lebih tinggi pada tubuhnya jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Manfaat Minyak Zaitun diatas tentu hanya merupakan sebagian kecil saja, karena masih banyak manfaat minyak zaitun lainnya selain untuk kesehatan, bisa juga untuk kecantikan dari mulai rambut, wajah dan bagian tubuh lainnya.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
manfaat dari daun pepaya
22 Januari 2018
Misteri 4 Benua Atlantis yang Hilang
22 Januari 2018

Komentar