Logo Eventkampus

Meredahkan sakit gigi

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Meredahkan sakit gigi

Cara Meredahkan Sakit Gigi 

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal. Dan sakitnya pun tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi. Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di toko obat. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan dapat Anda dapatkan di dapur. Mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan.

Berikut ini adalah beberapa cara meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur

Berkumur dengan Air Garam
Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda juga dapat menggunakan benang gigi (dental floss) dalam membersihkan makanan yang menempel di gigi yang sakit. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian kumur-kumur selama beberapa detik, lalu buang.\

Cengkeh
Jenis rempah-rempah yang satu ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempelkan minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas (cotton ball) kemudian gigit supaya tetap ditempat yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat dan apotik. Tapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan 10 batang cengkeh dengan minyak zaitun ke dalam botol kaca 30 ml. Kemudian diamkan selama sekitar dua minggu Di dalam minyak cengkeh terdapat bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri dan anastesi. Sehingga, minyak cengkeh ini dipercaya dapat meredakan sakit gigi.

Kompres dengan Menggunakan Es
Sebelum efek obat sakit gigi Anda mulai bekerja menghilangkan rasa sakit gigi, Anda bisa menggunakan kompres es. Caranya adalah dengan melapisi batu es dengan handuk, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit.

Kunyah Bawang Putih
Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Caranya adalah dengan mengupas satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Kemudian, letakkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut.

Selain dengan menggunakan beberapa bahan di atas, cara meredakan sakit gigi lainnya dapat dilakukan dengan meletakkan kantung teh celup hangat ke bagian gigi yang sakit. Disarankan membersihkan juga gigi secara rutin agar tidak ada bakteri yang menumpuk dan membuat gigi bertambah sakit.

Jangan biarkan sakit gigi mengganggu aktivitas Anda. Segera lakukan beberapa cara meredakan sakit gigi di atas. Jika sakit gigi bertambah parah, segera konsultasikan kepada dokter gigi Anda.

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar