Logo Eventkampus

Ampuh, 8 Cara Jadi Youtuber Untuk Pemula Ini Bisa Membuatmu Terkenal

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Ampuh, 8 Cara Jadi Youtuber Untuk Pemula Ini Bisa Membuatmu Terkenal

Ampuh, 8 Cara Jadi Youtuber Untuk Pemula Ini Bisa Membuatmu Terkenal

 

Dunia teknologi yang semakin canggih menjadi solusi cara menghasilkan uang dengan cepat namun kreatif. Banyak contoh yang tentunya telah kamu ketahui, misalnya saja menjadi freelancer digital marketing atau bahkan menjadi vlogger dan youtuber. Youtube, sebagai salah satu situs pemutar video yang paling populer di dunia memiliki pengguna dengan jumlahnya luar biasa besar.

Tidak hanya menonton berbagai macam video saja, Youtube juga memungkinkan kamu untuk mengunggah dan berbagi video-mu dengan yang lainnya. Inilah yang menjadi ide inisiatif para youtuber untuk mengekspresikan dan menyalurkan minat dan bakat mereka.

Lalu, bagaimana sih cara dapat uang dari Youtube layaknya Youtuber terkenal? Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana cara jadi Youtuber, simak beberapa cara berikut

  • 1. Membuat akun youtube yang sesuai dan buat personal branding

Ketika kamu mencari cara jadi youtuber sukses, sebagian besar akan mengarahkan kamu untuk membuat akun Youtube yang sesuai. Kamu juga wajib mengaktifkan fitur monetization di akun tersebut. Hal ini harus dilakukan karena dengan mengaktifkan fitur ini sajalah kamu bisa memberitahu kepada Youtube bahwa kamu menginginkan sejumlah kompensasi atas akun tersebut. Dengan begitu, Youtube akan mengurus hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang mereka miliki, sebab Youtube tentu akan memiliki sejumlah kebijakan dan juga aturan yang ketat terkait dengan kompensasi yang mereka berikan kepada para youtubernya. Tapi, tak hanya itu lho kamu juga perlu membuat personal branding yang membuat akun kamu terlihat lebih menarik.

  • 2. Membuat akun adsense

Cara dapat uang dari Youtube dengan mudah bisa dibantu dengan AdSense. Sejumlah pendapatan yang akan kamu peroleh dari Youtube, akan dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para penonton video kamu nanti. Sedangkan semua iklan dan juga penghitungan pembayaran atas akun Youtube kamu, akan dilakukan oleh Google Adsense. Jadi, kamu wajib membuat akun Adsense terlebih dahulu, agar kamu bisa mendapatkan uang dari akun Youtube kamu nanti. Inilah yang dilakukan Youtuber terkenal dalam memperoleh uang dari Youtube.

Tak perlu khawatir, akun Adsense ini juga akan mengatur berbagai hal terkait dengan pembayaran kamu, termasuk cara dan juga pilihan jenis pembayaran yang kamu inginkan atas akun Youtube kamu tersebut. Jadi, pastikan kamu memiliki Google AdSense ya setelah membuat akun Youtube.

  • 3. Tingkatkan jumlah views dan subscribers

Meningkatkan jumlah views dan subscribers adalah salah satu cara jadi Youtuber sukses. Bagaimana tidak? Jika ternyata akun kamu sepi dari pengunjung tentu Youtube tidak akan membayar kamu. Semakin banyak jumlah klik yang kamu dapatkan, maka semakin tinggi juga jumlah penghasilan yang bisa kamu peroleh atas akun Youtube tersebut.

Untuk itu, kamu juga perlu menambah jumlah subscribers kamu hingga maksimal, sebab ini juga secara langsung akan berbanding lurus dengan jumlah klik yang bisa kamu dapatkan pada iklan yang terpasang. Nah, dengan banyak subscribers ini juga akan menambah jumlah views yang semakin banyak bukan? Dari sanalah, akun Youtube kamu akan semakin terkenal dan memperoleh keuntungan.

  • 4. Membuat konten yang kreatif

Kamu tentu sering mengamati konten-konten yang diupload oleh Youtuber terkenal, bukan? Bagaimana menurutmu? Hal menarik yang harus kamu cermati dari mereka adalah mereka bisa mendapatkan jumlah views yang banyak karena konten mereka yang menarik dan kreatif. Jadi, pastikan kamu bisa membuat konten yang bisa menarik banyak orang untuk menonton. Untuk cari inspirasinya, kamu bisa melihat konten-konten dari Youtuber terkenal dan membaca berbagai artikel berkaitan dengan minat kamu.

Tapi, dalam aturan menjadi Youtuber tidak hanya membuat konten menarik saja, tetapi juga harus positif. Ini karena Youtube sudah memperketat aturan dalam meng-upload konten ke akun Youtube. Agar mengarahkan penghasilan yang maksimal kepada akun-akun yang secara konsisten menghadirkan video-video dengan konten yang positif. Youtube memutuskan, syarat sebuah akun untuk bisa mendapatkan uang dari platform ini adalah dengan memiliki minimal 4000 jam waktu tonton pada kurun waktu 12 jam dan minimal telah memiliki 1000 pelanggan (subscribers).

Sebaiknya, agar menjadi Youtuber terkenal dan sukses jadilah youtubers dengan konten video yang positif dengan subscribers yang banyak walaupun akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tenang saja, saat akun youtube kamu telah ter-established dengan baik, iklan-iklan yang jadi sumber uang untuk youtuber ini akan konsisten tampil di video kamu.

  • 5. Endorse produk terten

Kalau kamu perhatikan, Youtuber terkenal tidak hanya memberikan tutorial semata atau membuat konten positif yang murni tentang dirinya tetapi juga mempromosikan produk. Wah, menarik bukan? Tentunya selain memperoleh keuntungan dari Youtube, mereka juga dibayar oleh produk tersebut.

Hal ini bisa kamu lakukan jika ternyata kamu memang telah memiliki jumlah subscribers yang sangat banyak terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa berinisitif menawarkan pada perusahaan pemilik produk apakah mereka butuh endorse darimu. Tentunya kamu harus punya portofolio konten yang menarik juga agar mereka tertarik memilihmu untuk endorse produk.

  • 6. Riset trend terkini dan minat pasar

Perihal pembuatan konten menarik untuk menaikkan viewers dan subscribers, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui trend terkini dan minat pasar. Karena ketika kamu tahu hal-hal yang sedang trend dan apa yang sedang banyak digandrungi orang, maka kamu bisa membuat ide kreatif untuk konten.

Jadi, cara jadi Youtuber sukses pada intinya adalah kamu harus bisa menentukan langkah yang tepat. Membuat konten menarik dan unik tentu menjadi hal wajib, sebab penting bagi kamu untuk bisa membuat konten tersebut menjadi viral. Namun hal ini saja tentu tidak akan cukup, sebab ada jutaan konten yang berseliweran di Youtube. Upayakan untuk membuat konten dengan durasi yang sedikit panjang, dan tentunya menarik minat orang untuk melihatnya. Tentunya, setelah riset trend dan cari tahu topik yang sedang banyak digandrungi orang banyak.

  • 7. Promosikan akun Youtube untuk maksimalkan jumlah subscribers

Setelah memiliki akun Youtube dengan Google AdSense serta membuat konten menarik, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempromosikan akun Youtube. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan jumlah subscribers. Subscribers akan memberi kamu peluang untuk bisa mendatangkan uang yang banyak, sebab semakin banyak subscribers kamu, maka peluang kamu mendapatkan uang yang banyak juga akan semakin besar. Jadi, selalu upayakan untuk menambah jumlah subscribers kamu hingga maksimal. Misalnya dengan cara share link Youtube kamu ke teman-teman dan kerabat atau share di sosial media.

  • 8. Menggunakan metode pembayaran yang tepat

Setelah tujuh langkah tersebut sudah kamu jalankan, langkah cara jadi Youtuber selanjutnya adalah menggunakan metode pembayaran yang tepat. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kamu pilih sesuai keinginan yaitu :

  • Lewat transfer bank. Untuk Indonesia sendiri, hanya bank tertentu saja yang bisa menerima pengiriman uang dari luar negeri, jadi pastikan bank kamu bisa melakukannya.
  • Menggunakan cek, yang nantinya bisa kamu cairkan sendiri ke bank.
  • Menggunakan Western Union, yang dapat kamu uangkan di kantor pos.

Dengan mengetahui dan menjalankan cara jadi Youtuber ini, kamu tentu sudah siap menjadi Youtuber terkenal bukan? Tak perlu pusing lagi mengenai cara dapat uang dari Youtube karena kamu hanya perlu menyiapkan hal tersebut dan tetap update informasi terbaru. Selamat mencoba dan bersiaplah menjadi Youtuber terkenal!

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar