Logo Eventkampus

Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Tubuh

Melamun identik dengan aktivitas yang sia-sia dan buang-buang waktu. Atau suatu keadaan di mana seseorang masuk ke dalam zona di mana mereka tidak menyelesaikan apa pun. Tapi melamun sebenarnya memiliki sejumlah manfaat, mulai dari kesehatan hingga kekuatan mental. Saat melamun, orang akan lebih santai dan tenang. Setiap aktivitas otak memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Lantas, apa manfaat melamun untuk kesehatan kita?

1.     Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Melamun termasuk bentuk dari hipnosis, dan dapat menurunkan tingkat stres serta tekanan darah. Orang yang mengalami kecemasan dan stres kemudian menghabiskan waktu untuk melamun dan menghilangkan stres, dapat menurunkan tekanan darah.

2.     Dapat Membuat Rencana Lebih Baik

Orang-orang melamun lebih banyak tentang masa depan, daripada masa lalu atau masa kini. Ini membantu mereka menetapkan tujuan dan mencari cara untuk mencapainya. Mereka berpikir tentang bagaimana merencanakan masa depan dan bersiap-siap untuk itu.

3.     Dapat Membuat Lebih Bahagia

Ketika kalian melamun tentang orang-orang yang dekat dengan kalian dan dengan siapa kalian memiliki hubungan yang kuat, hal ini secara positif memengaruhi kalian. Fantasi ini meningkatkan keadaan emosi kalian, membuat kalian lebih bahagia, dan memperkuat hubungan kalian dengan orang-orang ini.

4.     Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Orang yang memiliki kecenderungan melamun dan membiarkan pikiran mereka berkelana memiliki otak yang lebih aktif dan kemampuan mengingat informasi yang lebih tinggi. Melamun selama mengerjakan tugas-tugas lebih cenderung dapat mengingat informasi, bahkan ketika dalam keadaan terganggu, mereka menunjukkan tingkat memori kerja yang lebih tinggi.

5.     Dapat Membuat Lebih Pintar dan Kreatif

Ternyata, beristirahat dan membebaskan pikiran bisa menjadi kunci memori yang lebih baik. Bahkan menbantu pengidap amnesia. Orang yang melamun lebih sering melakukan lebih baik dengan tugas intelektual dan kreatif. Juga, MRI membantu untuk mengetahui bahwa fungsi otak mereka lebih efisien.

6.     Membantu Menyelesaikan Masalah Lebih Baik

Selama melamun, aktivitas otak kita meningkat. Ini juga berlaku untuk area otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah sulit. Otak kalian secara tidak sadar dapat beralih ke menyelesaikan tugas yang lebih penting ketika kalian sibuk dengan hal-hal yang kurang penting.

Gak disangka kan ternyata aktivitas yang sering disepelekan ini punya manfaat yang luar biasa? Tapi pastikan, aktivitas ini gak akan mengganggu produktivitas dalam bekerja ya. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Buah Murbei Untuk Kesehatan
04 Februari 2020
Manfaat Kulit Ayam Bagi Kesehatan
04 Februari 2020
Manfaat Berjalan Di Atas Rumput Tanpa Alas Kaki
05 Februari 2020
Ketahuilah Jenis Trauma Yang Sering Dialami Banyak Orang Dalam Kehidupan Sehari – Hari
18 Februari 2020
Manfaat Odol Selain Pasta Menyikat Gigi, No. 5 Membuat Wanita Terkejut dan Tersenyum lebar
27 Februari 2020
Meski Tanpa Parfum, 5 Cara Ini Bisa Membuat Tubuhmu Wangi Secara Alami
27 Februari 2020

Komentar