Logo Eventkampus

SAKA UGM Raih Juara di Ajang International Online Dance Festival Art Life 2020

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
SAKA UGM Raih Juara di Ajang International Online Dance Festival Art Life 2020

Sanggar Kesenian Aceh Universitas Gadjah Mada (SAKA UGM) kembali mengharumkan nama Indonesia. Kali ini prestasi tersebut ditorehkan SAKA UGM dalam ajang “International Online Dance Festival Art Life 2020”. Ajang ini diselenggarakan oleh European Association of Folklore Festivals yang berlokasi di St. Petersburg, Rusia.

Dalam ajang tingkat dunia ini, SAKA UGM berhasil meraih 3 gelar, yakni Laureate 1 Degree, Special Diplomas for Brilliant Preparation of Dance Performance, dan Best Dance Group. Tim ini berhasil mengungguli 25 kelompok peserta dari berbagai negara, seperti Malaysia, Bulgaria, Rusia, Belanda, dan berbagai negara lainnya.

Ajang tersebut berlangsung selama dua hari yaitu 18-19 Oktober 2020. Pada kompetisi ini, SAKA UGM membawakan tarian secara daring diiringi oleh tabuhan Rapa’i, alat musik perkusi khas Aceh dengan lantunan syair indah yang berhasil memukau juri.

“Kami membawakan Tarian Ratoeh Jaroe yang merupakan salah satu kesenian dari daerah Aceh. Tarian ini menyiratkan budaya Aceh yang memiliki semangat kekompakan, religiusitas, dan bergotong-royong dalam kesehariannya. Meskipun dalam kondisi pandemi, semangat kami untuk tetap melestarikan budaya negeri tidak surut. Dalam membawakan tarian ini kami menerapkan protokol kesehatan,” terang Uun Nisfatul, salah satu anggota SAKA UGM, Jumat (23/10).

Uun berharap prestasi yang berhasil ditorehkan oleh SAKA UGM dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia. Hal itu agar semakin banyak para pemuda yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. 

Sebelum pencapaian di ajang ini, SAKA UGM juga telah menorehkan prestasi lainnya di tingkat dunia, diantaranya First Place Grand Prix Winner di XXII International Art Festival Prague Star 2015 (Praha, Republik Ceko), Pride of Asia Award di 11th Surin International Folklore Festival 2016 (Surin, THailand), Absolute Winner di World Cup Folklore 2017 (Jesolo, Italia), Grand Prix Winner di 11th International Competition of Folklore, Dance, and Music “Les Etoiles de Paris” 2018 (Paris, Perancis), serta Third Place dan Laureate 1 di “X World Championship of Folklore World Folk 2020, Online”.

Penulis: Hakam
Foto: SAKA



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/20256-saka-ugm-raih-juara-di-ajang-international-online-dance-festival-art-life-2020

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

“Wonder” Aplikasi untuk Tangani Kekerasan Perempuan dan Anak
16 Desember 2019
Jusuf Kalla Terima Anugerah Hamengku Buwono IX
20 Desember 2019
Tim Peneliti UGM Manfaatkan Limbah Daun Jati untuk Pakan Ternak
03 Januari 2020
Fakultas Hukum UGM Rayakan Dies Natalis ke-74
17 Februari 2020
Guru Besar UGM: Jangan Sembarangan Konsumsi Klorokuin
24 Maret 2020
Cegah Penyebaran Corona Dengan Monitoring Pemudik
02 April 2020

Komentar