Logo Eventkampus

Culture Budaya Di Indonesia Menghilang Seiring Waktu

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Culture Budaya Di Indonesia Menghilang Seiring Waktu

Culture Budaya Di Indonesia Menghilang Seiring Waktu

Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai budaya. Keragaman budaya ini terjadi karena negara Indonesia terdiri dari ratusan pulau-pulau di mana masing-masing pulau memiliki budayanya sendiri. Namun, saat ini budaya Indonesia terancam hilang karena terkikis oleh waktu.

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan budaya Indonesia berada dalam bahaya. Faktor-faktor tersebut berasal dari dalam dan luar.

Melalui tulisan ini, penulis akan menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terancamnya budaya asli Indonesia. Berikut adalah dua paragraf membahas faktor-faktor tersebut.

Faktor Internal

Penurunan keberadaan budaya Indonesia di rumahnya sendiri disebabkan oleh rakyatnya sendiri yang mengabaikan budaya mereka terutama untuk remaja.

Mereka terbuai oleh kehidupan modern dan mulai melupakan nilai-nilai yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Sebagai contoh, bahasa daerah, upacara budaya, adat dan tradisi Indonesia telah hilang di masyarakat.

Sekarang, kita bisa melihat tidak ada yang mau menggunakan bahasa lokal karena mereka malu disebut kampungan. Selain remaja yang sudah tidak peduli lagi dengan budaya, pemerintah juga kurang responsif dalam menangani masalah ini.

Tidak ada upaya yang nyata dari pemerintah untuk mempertahankan budaya Indonesia.

Faktor Eksternal

Derasnya arus informasi yang datang ke Indonesia juga mempengaruhi terkikisnya budaya Indonesia. Banyak budaya asing, khususnya budaya Barat telah datang dan tumbuh di Indonesia. Budaya-budaya barat itu tidak sesuai dengan nilai-nilai Indonesia sebagai negara timur.

Hal ini juga memberikan efek buruk dalam norma Indonesia sebagai bangsa timur. Saat ini, kita bisa melihat mode pakaian yang tidak sesuai dengan norma-norma, kebiasaan mabuk, dan gaya hidup yang buruk telah berkembang di Indonesia.

Singkatnya, pengurangan keberadaan budaya Indonesia di rumahnya sendiri sebagai akibat dari beberapa faktor. Mereka adalah faktor dari dalam dan luar. Untuk mempertahankan kelangsungan Budaya Indonesia, marilah kita menjaga budaya kita sendiri.

Terutama kita sebagai pemuda jangan merasa malu untuk melestarikan budaya kita dan juga kita harus membendung budaya barat yang datang ke negara kita. Jika kita telah kehilangan budaya asli kita berarti kita telah kehilangan identitas nasional kita sendiri.

Cintailah Negerimu..

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

tips daya ingat
06 Januari 2018
Fakta Martin Garrix
18 Januari 2018
Ini dia ! Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
19 Januari 2018
manfaat dari daun pepaya
22 Januari 2018
Misteri 4 Benua Atlantis yang Hilang
22 Januari 2018

Komentar